Menghormati dan Mendoakan Penguasa

Simak kutipan audio:

 Unduh Audio

Memuliakan pemerintah adalah ajaran luhur dalam Islam yang sering terabaikan. Padahal Islam menegaskan, siapa saja yang memuliakan pemerintah, membela bangsa dan negaranya semata-mata karena Allah, tidak ada tendensi atau kepentingan apa pun, bahkan mendoakan pemerintahnya, insya Allah mereka digolongkan di atas sunnah.
Fudhail bin Iyadh rahimahullah mengatakan, “Seandainya saya mempunyai doa yang pasti dikabulkan oleh Allah, niscaya saya panjatkan doa tersebut untuk penguasa saya.”
Ini menunjukkan kemuliaan sikap, yaitu lebih mementingkan kemaslahatan umum daripada kepentingan pribadinya. Sekiranya umat Islam memuliakan dan menghormati pemerintahnya, tidak menjelek-jelekkan penguasanya, niscaya kebaikan dan kemaslahatan yang luas akan melimpah di negeri ini.
Maka, sebelum kita mendoakan diri kita dan keluarga, kita sisipkan doa untuk pemerintah kita. Mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengokohkan mereka, memberikan kekuatan iman kepada penguasa kita, karena dengan baiknya pemerintah, masyarakat akan hidup dengan tenteram dan damai.
Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah, dan menahan karena Allah, maka sungguh dia telah sempurna imannya.”
Balasan yang besar disediakan bagi mereka-mereka yang bisa menjaga hubungannya dengan sesamanya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *